Ssst… PDI Perjuangan Terima Hibah Dana Parpol Rp28 Miliar dari Pemerintah, Warganet Beri Komentar Pedas

pdi perjuangan1

TOPMETRO.NEWS – PDI Perjuangan salah satu partai politik terbesar di negeri ini menerima dana hibah sebesar Rp28 miliar.

PDI Perjuangan menerima dana hibah parpol (partai politik) itu dari pemerintah lewat Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum, Kemendagri.

PDI Perjuangan yang menerima dana hibah itu langsung diterima Ketua Umumnya Megawati Soekarnoputri Senin 31 Juli 2023.

BACA PULA | Bupati Humbang Hasundutan Serahkan Hibah Keagamaan dan Alsintan

Seperti dilansir TOPMETRO.NEWS dari laman instagram @argumen_id pada Selasa 2 Agustus 2023.

Di laman akun itu dijelaskan Baktiar selaku Dirjen Polpum di Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum, Kemendagri langsung memberi dana hibah itu kepada PDI Perjuangan.

Partai politik besutan Megawati ini menerima dana dimaksud persis di Sekolah Partai Lenteng Agung, Jakarta Selatan pada Senin 31 Juli 2023.

BACA PULA | Ibnu Hajar Dilantik jadi Anggota DPRD Langkat

“Bantuan keuangan kepada partai politik digunakan sebagai dana penunjang kegiatan pendidikan politik dan operasional sekretariat parpol,” sebut Hasto Krisyanto.

Sekjen PDI Perjuangan ini menambahkan, selain diteken Megawati Soekarnoputri, dokumen penyerahan dana hibah dimaksud pun ditandatangani Bendahara Umum PDI Perjuangan Olly Dondokambey.

Menurut Hasto Krisyanto, dana hibah tersebut penting diterima sebagai parpol yang lolos presidential threshold.

BACA PULA | Pemkab Asahan Terima 400 Mahasiswa UNIVA Medan

Dia menjabarkan, uang yang diterima partai berlogo banteng dengan moncong putih ini akan digunakan untuk dana pendidikan politik dan kaderisasi sehingga mampu melahirkan para calon anggota legislatif dan kepala daerah yang berkualitas.

Dari catatan TOPMETRO.NEWS, dana hibah seperti ini digelontorkan pemerintah setiap tahunnya. PDI Perjuangan, pada tahun lalu pun menerima Rp27 miliar.

Terkait aturan main, dana hibah partai sudah diatur di Permendagri No 78 tahun 2020. Jumlah dana yang diterima setiap partai politik tidak serupa, tergantung perolehan suara di parlemen.

BACA PULA | Warga Medan Terima STB

Warganet yang tahu ada dana hibah untuk setiap partai politik sempat mengaku heran.

“Uang rakyat dikelola, dipajakin dikasih ke dia2 juga. Ujung2nya duit semuanya ke dia2 juga,” sindir adrianaabdiadrianaabdi di kolom komentar.

Kalimat menyindir lainnya dilontarkan rahmanhilmantaufik. “Pendidikan kader yang mumpuni dalam bidang korupsi, Fakta!” sebutnya.

BACA PULA | Masjid di Langkat Terima Bantuan Pembangunan

Pernyataan pedas dari warnanet pun diberikan ilyassumarna. “Enaknya, partai yg paling berhasil membuat kadernya melarikan diri tak tertangkap dan partai ahli di bidang perkorupsian,” sentilnya pula.

PDI Perjuangan yang menerima dana hibah parpol dari pemerintah sebesar Rp28 miliar itu, hingga kini masih terus dikomentari miring warganet.

reporter | dpsilalahi

Related posts

Leave a Comment